Mental Illness

Mental illness, juga disebut gangguan kesehatan mental, merujuk pada berbagai kondisi kesehatan mental seperti gangguan yang memengaruhi suasana hati, pikiran, dan perilaku Anda. Contoh penyakit mental termasuk depresi, gangguan kecemasan, skizofrenia, gangguan makan dan perilaku adiktif.

Banyak orang memiliki masalah kesehatan mental dari waktu ke waktu. Tetapi masalah kesehatan mental menjadi penyakit mental ketika tanda dan gejala yang sedang berlangsung sering menyebabkan stres dan memengaruhi kemampuan kamu untuk beraktivitas.

Mental illness dapat membuat kamu terganggu dan dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari kamu, seperti di sekolah atau di tempat kerja atau dalam hubungan sosial. Dalam kebanyakan kasus, gejala dapat dikelola dengan kombinasi obat dan terapi bicara (psikoterapi).

When to see a doctor

Jika Anda memiliki tanda atau gejala penyakit mental, temui penyedia layanan kesehatan utama kamu atau mental health professional. Sebagian besar penyakit mental tidak membaik dengan sendirinya, dan jika tidak diobati, penyakit mental dapat memburuk seiring waktu dan menyebabkan masalah serius.

Helping a loved one

Jika orang yang kamu cintai menunjukkan tanda-tanda mental illness, diskusikanlah secara terbuka dan jujur dengannya tentang kekhawatiran kamu. Kamu mungkin tidak dapat memaksa seseorang untuk mendapatkan perawatan profesional, tetapi kamu dapat menawarkan dorongan dan dukungan. Kamu juga dapat membantu orang yang kamu cintai menemukan mental health professional  yang berkualitas dan menemaninya dalam proses perawatan atau penyembuhan.

Jika orang yang kamu cintai telah melukai diri sendiri atau sedang mempertimbangkan untuk melakukannya, bawalah orang tersebut ke rumah sakit atau hubungi bantuan darurat ke mental health professional.