Makanan Khas Purwokerto

  1. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan merupakan salah satu jajanan tradisional yang sudah banyak terkenal di berbagai kota. Siapa sangka ternyata makanan khas satu ini merupakan salah satu ikon kuliner di Kota Purwokerto. Olahan tempe dengan bumbu mendoan ini wajib dicicipi saat berkunjung ke Purwokerto.

Salah satu tempat yang terkenal akan mendoannya terletak di warung depan wisata Baturaden yang biasanya dikenal dengan mendoan kriuk ataupun mendoan yang berada di tempat wisata yang bernama warung tenda ditemani dengan pemandangan lampu yang indah dari kota Purwokerto.

 

  1. Getuk Sokaraja

Salah satu makanan tradisional yang cukup mudah Toppers temui saat singgah ke Purwokerto adalah Getuk. Getuk Sukoraja merupakan salah satu kuliner khas Purwokerto yang telah melegenda dan masih sangat populer hingga saat ini. Makanan khas Purwokerto ini memiliki cita rasa manis yang khas dan terkstur yang empuk saat dikunyah.

Kamu bisa mendapatkan makanan ini di Getuk Goreng Asli H. Tohirin 1 yang terletak di Jalan Jendral Soedirman No.151, Dusun II, Sokaraja Tengah, Kec. Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Ataupun kamu bisa mendapatkannya di tempat oleh-oleh jalan sawangan Purwokerto.

 

  1. Soto Sokaraja

Selain Getuk, kuliner khas Purwokerto selanjutnya yang sudah banyak dikenal oleh penggemar makanan khas Purwokerto adalah Soto Sokaraja. Cita rasa khas dari kuliner ini didapatkan oleh olahan kuah kaldu sapi yang diolah bersama kacang. Dilengkapi topping seperti berbagai jenis kerupuk, menambah kenikmatan dari kuliner tradisional asal Purwokerto ini.

Soto Jalan Bank H. Losso merupakan salah satu rekomendasi saat ingin mencicipi kuliner di Purwokerto. Tempat makan ini sudah dirintis sejak tahun 1970-an oleh alm. Haji Sungeb. Disebut Jalan Bank lantaran terdapat museum Bank BRI dan Kantor Cabang BRI Purwokerto. Jalan Bank ini hanya sebutan saja, kamu tidak akan melihat atau melihat plang Jl. Bank di Purwokerto.

 

  1. Cenil

Makanan khas Purwokerto selanjutnya adalah Cenil. Jajanan tradisional yang identik dengan warna-warni dan juga tekstur kenyalnya ini terbuat dari olahan singkong, tepung sagu, dan berbagai bahan lainnya serta ditaburi parutan kelapa.

 

  1. Buntil

Di Purwokerto, kamu juga wajib mencicipi Buntil, panganan tradisional khas Purwokerto yang terbuat dari daun singkong, atau daun talas hingga daun pepaya untuk membungkus parutan kelapa dan berbagai isian lainnya sebelum diikat dan dimasak bersama kuah santan yang gurih dan sedikit pedas.